Rabu, 24 Juni 2009

[daily] sampah oh sampah

kalo ditanya, apa yg saya suka dari negri doraemon ini, tentu aja salah satu jawabannya adalah karena jepang tuh bersih banjeeet,,
kalo ditanya, apa yg saya benci dari negri shinchan ini, tentu aja salah satu jawabannya adalah mengapa harus membuang+membagi sampah pada tempatnya,,
kenapa ga cukup dibuang aja pada tempatnya?


jadi begini ceritanja,,eheeem!
kadang2 tuh suka kheki juga sama peraturan persampahan jepang ini. terlalu kejam kalo menurut saya mah. kejam ato sayanya yg males nyak? jawaban trakir lebih tepat,,hohohoho,,

dulu awal2 ke jepang, kita 3bln di AOTS, blajar bahasa jepang. dsana juga blajar ngebuang sampah,,
OMG,,buang sampah pake belajar? iya looh,,susah soalnya,,apalagi kalo uda masalah pisah memisah,,taihen da ne,,denger2 di nagoya sampah dipisah menjadi 9kategori,,muntah darah dah kalo saya tinggal dsana,,
jadi ga cuma sampah basah n sampah kering aja,,muacem2 lah pokoknja,,
keknya sih bisa,,gampang gitu,,pas prakteknya? ga njamin dah,,

pindah ke matsumoto,,4bln-an tinggal di hotel nyang mana di hotel tu sampah ga dpisah. mksdnya si cleaning service yg misahin. jadi kita ya sampah apa aja campur jadi satu. magstabbb pokoknya,,
sampe lah kita harus pindah ke apato (apartemen),,penderitaan persampahan mulai terasa,,
karena ga biasa sama memisah sampah,,terjadilah dilema berkepanjangan,,halah2 lebaynya mulai deh,,
kalo mo buang sampah pake mikir ini termasuk apa ya? soalnya sampah yg bisa terbakar juga masih dipisah2 lagi,,blm lagi botol bekas air mineral dan semacamnya,,buangnya tuh bikin males. harus copotin labelnya, tutupnya sama botolnya sendiri dibuang terpisah!
kalo botol bekas susu/kopi/dll,,harus dicuci mpek bersih,,fyuuuh,,


eh ya slain itu, ada plastik khusus juga loh. jadi ada plastik sampah dengan warna beda2 untuk ngebedain jenis sampahnya,,

mabuk,, mabuk dah,,

ada sih petunjuknya,,bisa diliat di situsnya kota ini, tapi bukannya ngebantu malah menyesatkan, bikin bingung bin puyeng.
pas pindahan dulu juga dikasih poster gede, plus jadwal buang sampah. buset dah,,buang sampah uda kek minum obat aja,,ada jadwalnya gituuuh,,
karena si saya ini pelupa,,dengan gayanya si poster+jadwal dipasang di pintu,,biar inget kategori2 sampahnya plus kapan waktunya buang sampah.


apakah ini membantu si oche?

ah,,itu mah retoris,,
tentu saja TIDAK,,
hahahahhahahhaa,,
teteup aja sampah terbagi dengan tidak rapi, jadwal buang sampah juga suka salah. harusnya dibuang senin,,buangnya kamis,,udah kek puasa senin kemis aja,,suka kelewat,,heuheuheu,,
dan karena ada plastik khusus buat ngebuang sampah,,alhasil selama 4bln ada di apato si saya ga punya tempat sampah,,hohohohoho,,
sampah tergantung gedumbrangan di belakang kulkas,,


jorok euy,,
ah ngga juga kok (pembelaan diri),,
sayang duitnya kalo harus beli tempat sampah yg ga cukup sebiji dua biji,,kekekekkeke,,

pelit pangkal jorok

yah,,emang sih ya,,
disatu sisi emang sussssyyyaah banget ngebiasain diri untuk disiplin buang sampah, tapi disisi lain,,lingkungan jadi bersiiiiih,,nyamaaaaan,,dan bagusnya lagi,,jadi bikin jauh penyakit,,

itulah kenapa jepang tu bersih amit2,,orang2nya juga disiplin amit2 sih,,
jadi saya ini antara benci dan cinta sama jepang ini,,hahahahha,,

kapan kita bisa kek mereka?

secepatnya,,mari berubah bersama2,,
pilih saya,,capres nomor 5,,
LANJUT GAN! (kaskuser ON)

*capres: calon preman stasiun

***sebagian gambar diculik dari sini

8 komentar:

riosisemut mengatakan... Balas

Mau nyampah aja repot buanget ya..
Makanya aku gak mau tinggal di Jepang, xixixi...

Aslinya mana, koq iso boso Jowo?

Kita bersahabat yuk, aku follow, ntar gantian, biar saling tau kalo lagi update

gimana?

Qumfullboy mengatakan... Balas

budaya jepang mang kejamnya minta ampun tapi liat dulu dunk manfaatnya....khan kota-kotanya jadi bersih buangggeeeeeeet

dindun mengatakan... Balas

bayangno nek juki sing urip nang jepang?
huehehehehe
*moga-moga juki ga baca blogmu ^^

Neng Rara mengatakan... Balas

ass.
salam kenal juga oche,
jika sudah terbiasa mah tentu menjadi sesuatu yang baik membuang sampah sesuai kategorinya tsb?
semoga saja.
sy follow juga yah
wasalam

ocheholic mengatakan... Balas

#riosisemut: hehehhe,,iya nih,uda lama dsini tp blm kbiasa,,heuheuheu,,
asli trenggalek,jatim. basa jowo sampun dados nami tengah,,halah,,
uda tak follow mut,,

#qumpullboy: haghaghag,,kalo diteliti lebih jauh,,bangsa kita juga kejam loh,,dalam hal trntentu,,hehehe,,eniwe,thx uda mampir

#dindun: juqi dilarang masuk jepaaaang!!!hahahahahaha.btw din,doi lupa telpun travel tiket itu.akhirnya ak ga dapet jadwal pagi,,siaaal,,

#nengrara: waalaikumsalam. makasiih uda mampir balik. saya suka loh sama blognya neng rara,,hehehhe,,

dindun mengatakan... Balas

beuh... lha ga sering kok elingne po?
trus sidone oleh jadwal kapan?
*kok jadi berasa chatting :))

ocheholic mengatakan... Balas

dapet jam 8 pagi din,,
mundur 2jam,,
pengen nguyel2 arek kui,,tapi kok pas puasa,,
haghaghaghag,,

dindun mengatakan... Balas

hohohoho... berarti aku duluan ya? aku jam 6 huehuehuehue....
*btw.. iku sabtune kan che?