Senin, 11 Januari 2010

[renungan] Sinar yang bersinar

Katrok.
Begitulah saya.
Jarang banget apdet berita2 yg lagi hot di negeri tercinta. Lah wong kalo surfing cuman ngebuka facebook, tempet belanja onlen, sama hiburan2 lainnya. Kompas dan detik dot kom jadi prioritas yang buntut malahan, gimana bisa apdet informesyong?
Setelah dulu saya ga ngeh sama dukun sakti mandra guna dek Ponari, sekarang ini kembali saya ketinggalan berita si Sinar, bocah 6 tahun yang merawat ibunya yang lumpuh.

Beberapa hari yang lalu ada yang ngepost berita tentang Sinar di facebook. Tadi saya juga menemukan ada yang ngaplod video lagunya ST12 buat Sinar. Dan kemudian jadilah tulisan ini.

Siapakah Sinar, rasanya ga perlu dijelaskeun. Saya yakin pemirsa semua lebih tau daripada saya. Kalopun ngga tau, beritanya bisa dengan mudah dibaca disini, dan juga disini.
Bahkan uda banyak yang ngepost-in di blog.

Umurnya masih 6 tahun. Kalau dibandingkan sama saya beda 19 tahun (wadoooh, jadi ketauan kalo uda tua nih,hohohoho). Kami punya satu kesamaan, sama2 mencintai sang Ibu dengan sepenuh hati, dalam segala kondisi apapun dan percaya bahwa surga memang ada di telapak kakinya. Tapi kami dibedakan dengan kondisi yang justru membuat Sinar yang lebih muda ini tampak dewasa sekali.
Kalau saya?
Bisanya masih ngrepoti si Emak aja *memalukan*

Setiap mau presentasi, kerjaan banyak, dapet kesulitan dan lain2, saya selalu sms si Emak dengan isi yang serupa. Minta doa. Entah karena sugesti atau apa, saya merasa lebih percaya diri kalau udah dapet balesan dari beliau. Senjata ampuh menaklukkan kesulitan.
Ketergantungan. Ya, saya kecanduan kiriman sms semangat darinya.

Pernah suatu hari, saya mengeluh sama si emak. Sekarang dapet leader yang galak, sering dimarahin dan lain2. Dengan santainya si Emak menjawab: halah, cuma gitu aja kok, kalo ga digalakin ya ntar malah ga bener belajarnya.
Kmr pas telpun rumah, si Bapak guyon, bahwa sejak si anak yg keren bin ajaib ini curhat masalah leader yang galak, si Emak jadi luar biasa rajin puasanya. Dulu rajin, sekarang tambah rajin.

Begitulah Emak, selalu santai menanggapi keluhan2 saya.
Tapi ternyata sebenernya saya menciptakan kekhawatiran luar biasa baginya. Baginya yang selalu khawatir anak yang jauh di negeri orang ini dapet kesulitan, kesedihan, ato yang lain2.

..betapa saya sangat memprihatinkan sekali pemirsa.. *sigh*

Dan dialah Sinar. Anak luar biasa yang membuat saya tertampar. Bahwa ternyata saya belum dewasa. BELUM DEWASA!

Padahal gusti Allah dengan baiknya memberikan kondisi yang luar biasa nyaman. Makan cukup, tidur cukup, pendidikan cukup, dan kecukupan lainnya. Tapi masih kalah sama anak dengan kondisi seperti Sinar.

Harus belajar menjadi Sinar yang menyinari Ibu dengan tangan rapuhnya.

Sinar, smg Allah senantiasa mencukupkan nikmatNya bagimu.
Makasih nak, kamu uda ngajari manusia bodoh dan ga tau diri ini tentang bagaimana mengejar surga, tentang bagaimana berbakti sama orang tua.

----

jangan menangis sayang
sinarmu tetap harus bersinar
tabahkanlah hatimu demi ibu
itu surgamu

*cuplikan lagu ST12

----

semoga ada ST12 lainnya (dan itulah kita), yang senantiasa mengulurkan tangan untuk sesama.
Bergerak atau tergantikan?



---

Beberapa hari yang lalu, Pakne, temen ngobrol saya, cerita kalau Ibu dari temannya baru meninggal dunia. Betapa umur manusia sangat ghaib, tidak bisa diprediksi bahkan ditanyakan sama mama loren sekalipun.
Setiap inget itu, saya selalu miris. Ga pernah akan siap, kalau suatu hari Allah menghendakinya.

Duh Gusti, saya kangen Emak.

Telpun terakhir, kalo saya pulang si Emak minta oleh2 mantu.
Waduh! Nyari dimana? Di Japun ga ada yang jualan mantu. Mampus dah!

24 komentar:

JHONI mengatakan... Balas

wkwkwkwkwk..........masa mau beli mantu di japun!!!!!.......eh oche kalo balik ke tanah air titip oleh-oleh hehehehehe ngarep!!!!!

JHONI mengatakan... Balas

oh iya soal si Sinar itu ada berita sedih lho..........setelah Charlie ST12 ngasi yah semacam sumbangan gitu, masa ada yg nyuri beras di rumahnya si Sinar.....kasian banget! kok ada yg tega ya??????

JHONI mengatakan... Balas

lho 1 & 2 saya ya.....?!?!? hehehehehehe.........genepin jadi 3 ah!!!!!!

ocheholic mengatakan... Balas

#JHONI: wekekekekekek,,digenepin sampe 4 harusnya mah. makasih2 ;).
oleh2 apaan?
waaaksss,ada yg nyuri beras? busyettt,,sebegitu memprihatinkan-kah kondisi rakyat kita?

yg kaya dikasih fasilitas mewah (di penjara), yg miskin malah kecurian. smg masadepan selalu indah, amin!

-Gek- mengatakan... Balas

Sinar itu.. nama panggilan seseorang dari masa lalu saya. :)

Emang ga ada yg jualan mantu neng.. kalo ada maulah saya titip satu ye.. :p

anyin mengatakan... Balas

hueheheh satu berapa duit ya kalo mo beli mantu... aku juga gak apdet.. lebih sering BW biasanya blognya om iwan yang banyak berita

Kang Sugeng mengatakan... Balas

hahaha... sayangnya Kang Sugeng udah nikah dari dulu Che, coba kalo belum pasti udah daftar jadi mantunya Bapak kamu, hahahaha....

Sinar... memang bocah yg luar biasa kuat, kita semua dapat bercermin dari segala ketabahannya, Kang Sugeng juga punya artikel seputar dia.

Neng Rara mengatakan... Balas

assalmualaikum...
pa kabar che?
sinar memang sebuah renungan bagi kita semua, ia begitu tegar. tak terpikirkan sebelumnya, ketika melihat kisahnya, sungguh sebuah renungan.
sy sempat nonton di tv ketika st 12 dtg ke rumah sinar.
salam.

Ila Schaffer mengatakan... Balas

kayak nya saya juga suka ketinggalan berita indo. kalau ga baca blog oche ga bkl tau tentang sinar deh. tengkyuuu info nya yaa :D
(btw, blognya saya follow ^^V)

dindun mengatakan... Balas

brarti aku luweh katrok la'an che, wong lagi ngerti pas moco blogmu... :D
yo wes kono ndang buka loket pendaftaran mantu ^^

iLLa mengatakan... Balas

Subhanallah che, info paling lengkap malah saya dapat setelah baca postingan ini, dan liat
link-nya. betul betul, kita yg mengaku menyayangi ibu malah lebih sering merepotkannya ketimbang mengurangi bebannya,, malu malu maluuu euy!
semoga, yahh semoga kita bisa menjadi "sinar" lainnya dalam dunia ini *sigh*

azzaam mengatakan... Balas

mohon dukungannya kawan, keadilan kembali disalahgunakan...

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan... Balas

sadis bener!!!!!!

siapa yang menelantarkan sebuah secercah sinar macam gitu..???
minta mati bapaknya !

Rumah Ide dan Cerita mengatakan... Balas

Sangat Inpiratif ya anak ini. Saya juga mesti belajar banyak dari dia.

ocheholic mengatakan... Balas

#-Gek- : sinar apa kabar? *dejavu?*,,kekekeke. iya nih lagi cari2 yg jualan mantu :))

#anyin : lah itu dia,,paling kalop ada juga ga mampu beli nyak ;))

#Kang Sugeng : wkwkwk,,ono2 ae Kang,,mohon doanya aja,smg bisa menyusul amin ;)

#Neng Rara : waalaikumsalam, alhamdulillah kabar baik. iya neng, smg kita bisa kek ST12 yah

#Ila Schaffer : makasih yaa,,uda ta follow balik ;)

#dindun : helah, ga ngerti to.kekekeke,kadingaren. iya din, wes buka ket biyen :))

#iLLa : alhamdulillah bisa berbagi ;). amin La, smg kita semua bisa jadi sinar buat sapapun :*

#azzaam : mari bareng2 menegakkan keadilan ;)

#secangkir teh dan sekerat roti : iya, mari mengulurkan tangan buat sinar dan anak2 yg senasib dgnnya ;)

#Rumah Ide dan Cerita : saya juga belajar dari dia (walopun dia sangat muda sekali)

yanuar catur rastafara mengatakan... Balas

apa ini lagunya st 12 bos??
hehehehe

7 taman langit mengatakan... Balas

salam sejahtera
kunjungan balik
kisah yang inspiratif dan menarik
salut

Riesta Emy Susanti mengatakan... Balas

haloo....ada award buatmu sahabat...

Aditya's Blogsphere mengatakan... Balas

halo....mampir berkunjung setelah lama ga bewe..maap lum bisa nyimak yah...salam hangat n semangat ngeblog tyus deh....

diar mengatakan... Balas

He heh...

Emak. Sungguh aku cinta padamu...

He heh...

Salam kenal coy!!!

phonank mengatakan... Balas

Jangan menangis saaayyaaaang....

wah... phonank sering setel tuh lagu di kompi,, yodeh... mau tes akh...
jadi mau dengerin nih, dipagi hari gini,, hohoooo

aaSlamDunk mengatakan... Balas

hehehehe slam juga jarang apdet brita, wlaupun nonton 15menit tiap hari senen-juamt tiap mau berangkat sekolah, jarang ada yang nyantel di otak

kalo soal sinar, kemaren liat di SC*V pas istirahat siang, sedikit banget liat beritanya cuma liat pas charlie nyanyi dikit doang

Kang Sugeng mengatakan... Balas

Ayo Che... update.. mana semangat nulisnya nih?

ocheholic mengatakan... Balas

#yanuar: yuppp,,iya. lagunya buat sinar ;)

#7 taman langit: makasih uda berkunjung. iyap, terinspirasi sama sinar

#Riesta: makasiiiiiiiih. maap blm dijalankeun amanahnya

#Aditya's Blogsphere: sip!

#diar: aku juga cinta emak, ehhehehe

#phonank: tes apaan? ok deh,sukses yah;)

#aaSlamDunk: hehehe, seneng bisa berbagi :)

#Kang Sugeng: siappp!