Jumat, 20 November 2009

[renungan] tribute to my great teacher

apa yang temen2 rasain kalo ada salah satu bagian tubuh ga sempurna ato cacat.
mengeluhkah?ato malah bersyukur?

merasa punya tubuh yg ga sempurna,,si saya perna ngalamin ;))
misalnya ada yg becandaain kulit saya yg ga putih, ato si saya yg se-klan sama bangsa hobit alias ga tinggi. bahkan ada yg bilang si saya ga secakep namanya. wkwkkwkwkw. hush,,dibalik nama ada doa loh. kualat sama si emak ntar :P
walopun tau itu becanda,dan sadar kondisinya emang kek gitu,,hihihihi,tetep aja dulu sering berandai2 seandainya si saya ini tercipta jadi orang cantik dan keren. yg ngolokin uda klepek2 jatuh terguling2 dah,,hahay~~~

tapi itu dulu, ketika si saya blm bisa memahami sesuatu dari sisi terbaik.
lah emang sekarang paham?
ya blm juga sih, tapi paling ngga uda mulai belajar memaknai sesuatu dengan baik (on my version).
terlebih lagi melihat seseorang yg benar2 saya kagumi, yg bakal jadi inti crita postingan ini :)

namanya sengaja dirahasiakan. beliau ini adalah temen satu team di tempat saya training.bukan teman ding, lebih tepatnya sih guru. karena saya dapet bagian yg sebidang sama beliau.

jadi,,si bapak ini alat pendengarannya kurang berfungsi dengan baik.
awal2 ada disini sempat suudzon sama beliau ini. jadi tuh, kebetulan pas meeting si saya datang duluan disusul sama si bapak ini. karena uda waktu kumpul tapi belon ada yang datang jadi aga2 kawatir gitu lah, mengingat saya baru beberapa hari masuk kantor. bertanyalah saya sama si bapak, sekalian nguji kesaktian bahasa japun,hahahahha.
eh pas saya tanya, si bapak pasang wajah ga ngerti. mgkin bahasa jepang saya kacau kali ya, sambil mikir2 si saya ngomong pelan2 ngulang pertanyaan beberapa kali. eh bapak ini masi diem aja. ya udah saya diem juga sambil nggondok.hohohoho. sempet mikir bapak ini tipikal orang yg ga bgitu suka gaul sama orang luar negri (ada loh yg kek gitu).
untung ga berapa lama ada senpai yg kasih tau kl si bapak emang punya kelemahan di pendengarannya. OMG! jadi ngrasa bersalah uda menilai yang engga2, mana habis itu ketemu si bapak dan beliaunya tersenyum sama si saya (hal yg jarang dilakukan orang japun kl papasan di jalan, uda kenal sekalipun). manis bgt senyumnya, hehehehe.

dan jadi ngerasa terharu :(

mgkin pada terheran2,kenapa si bapak ini punya kelemahan di alat dengarnya, tapi masih kerja juga. maksdnya, alat pendengaran kan indra yg urgent kl pas kerja. misal pas meeting, denger instruksi, diskusi dll. iya kan ya??!
awalnya saya juga heran, sampe akhirnya saya tau, bapak ini ternyata emang sangat menakjubkan. aset yg ga akan pernah dibuang gitu aja. apalagi dibiarkan diklaim malaysia,,halah2 :))

beliau ini masternya pemrograman. semua coding di team saya, si bapak yg ngerjain, walopun ga 100% . dari tiga bagian besar kerjaan di team, yang dua bagian beliau yg tanggung jawab.
ga cuma programming doank,,segalaaaaa macem dunia per-image processing-an tau luar dalem dari akar sampe pucuknya.
kerjaannya juga selalu selesai jauh2 hari sebelum deadline. kerjaan oktober, september uda selesai. apa maksdnya cubaaaaa!! si saya ini deadline jumat selesai hari senin minggu berikutnya, hahahahaha.
dan yang bagi saya paling menakjubkan beliau ini adalah guru super hebat. beliau mengajar dengan caranya yg luar biasa. misalnya tanya satu pertanyaan aja (by email), jawabnya bisa panjang lebar,,detil bgt.
tinggal copy trus di paste, udah jadi catatan deh, huehehehhe.
punya file semua langkah2 kerja yang detil bgt. ada salah satu bagian kecil dari kerjaan yg ditugasin ke saya. dikasih petunjuk kerjanya, untuk kerjaan sepele petunjuknya 36halaman. waaaaaaaakss,,mabuk mabuk dah. kerjaan selesai tapi belajar bahan2nya ga kelar2. huhuhuhu.

pas meeting tadi siang, ada sesuatu yg lucu dan semua orang ketawa kecuali si saya dan bapak. kalo saya karena ngga ngerti apa yg diketawain :)).
dan si bapak yg emang ga bisa mendengar apa yg lagi diomongin.
mungkin hidupnya tampak sepi, ga mendengar suara2 kehidupan, ga ada yg ngajak becanda, ga ada yg ngajak ngobrol apalagi ngegosip.
tapi saya yakin bapak ini punya hidup yg bahagia bgt.
memaknai hidupnya dengan nyaris sempurna.
ga mengeluh atas kekurangan yg dia punya.
malah membuat orang lain bertanya, kenapa dia bisa lebih hebat?
dan yg lebih dari segalanya, dia membuat orang lain bersyukur atas kebaikan Allah memberikan tubuh lengkap.

begitulah si bapak, guru saya yang hebat ini.
sabar bgt ngejelasin apapun,,detil,,rinci dan diakhir penjelasan selalu ada kalimat:
不明点があれば遠慮なく聞いてください。(kalo ada yg ga jelas jgn sungkan bertanya).

saya memang ga secantik luna maya, sesexy manohara, seputih orang china, setinggi orang eropa, semancung orang arab. tapi berkat beliau insyaAllah saya punya cara sendiri, memaknai pemberianNya.
bukankah hidup itu memaknai?

dan ga tau kenapa, skr justru seneng kl dipanggil ndut, mbull, dan semacamnya. lebih kedenger akrab,,hohohohoho ;))
but,dun judge everyone fisically. membuktikan kita hebat ga harus tampak cantik dan ganteng. walopun itu poin lebih sih. huehehhehehe.
karena setiap manusia sudah pasti dikaruniai talenta masing2. hanya saja kadang ga disadari. sampe sekarang si saya jg masih meraba2, apa yg bisa saya banggakan selain bisa bikin tahu isi dan risoles gosong,,hohohohoho :))

---

suatu sore di perempatan seven holding,
tampak baju coklat, jins belel, tas ransel, sandal gunung, kl senyum imut bgt.
guruku keren sekali.
terimakasih,,uda banyak belajar dari panjenengan.
minggu depan yoroshiku onegaiitashimasu,,
tugas panjenengan hari ini mbulet dan susyah sekali,,huhuhuhuhu.
/sweat


28 komentar:

dunia polar mengatakan... Balas

yah g ada di dunia ini yg smpurna mbak, sukuri aj apa yg ada, bahkan terkadang ada yg bilang kelemahan adalah kelebihan kita loh.
btw lumayan bisa bikin tahu isi drpd aku cuma bs makan doank.
kpn balik ke indo?

ocheholic mengatakan... Balas

#polar: pertamax gan,,yup hidup apapun keadaannya harus disyukuri.
ak kan dsini nyambi jualan gorengan di prapatan,,makane bisa bikin tahu isi,hahahahahha.
balik indonesia juli 2010,,

cheqnk mengatakan... Balas

foto di kantor tuh..
ga boleh dipajang sembarangan...:p

ocheholic mengatakan... Balas

hihihihi,,uda pake seleksi ketat kok,,
yg ga menimbulkan hal yg ga diinginkeun ;))
ndi blogmu?

dindun mengatakan... Balas

hohohohoho.... padahal saia ngiri ma mbak oche...
punya ilmu ngobrol sana sini, mudah akrab sama siapa2. udah pernah ke jepang lagi :D

timbang saia yang pendiem ini plus dan blm pernah ke Jepang :))

Effrila mengatakan... Balas

Ceritanya lucu mbak tapi dalem banget...kita emang harus mensyukuri apa yang kita punyai, yang telah dianugrahkan oleh Allah untuk kita. Kita diberikan kesehatan sudah merupakan nikmat tiada tara apalagi jika kita diberikan kemudahan dalam mencari rizki. Jangan kawatir dengan kekurangan yang kita miliki (sama...kayaknya dari klan hobit hihihihi) Allah udah punya rencana di balik itu semua jadikan kita orang yang survive....^_^

Fauzi mengatakan... Balas

huweee..
wak nem..
iki lho aq wis nggawe blog, trus dikapakne iki?
:))

Anonim mengatakan... Balas

hahahah ini mau cerita atau sambat yang didahuli pujian?????? heheheh tubuh manusia emang gak sempurna, tapi hati terus disempurnakan yan neng....
_Iqbal_

ocheholic mengatakan... Balas

#dindun: saya jg ngiri sama mba dina ini. kurus dan cuantek,,hehehhehe. smg bisa ke korea ya diiin,,amin.
pendiam itu bagus loh,yg kek ak yg ga bagus,,hahaha

#effrila: iya bu guru,mensyukuri apa yg ada pada kita.ini kebanggaan kpd guru juga,dalam keterbatasannya dia luar biasa memberikan ilmu

#fauzi: suwun ji uda komen.blognya diurusin ya,,hahahahha. :P :P

#iqbal: ini pak qeqe? sisi mana yg menunjukkan saya sambat? kalopun ada itu kan bagian dari masa dmn blm ngerti.hehehehe. saya ga memuji, cuma kagum ada orang seperti guru saya. begitu

Anonim mengatakan... Balas

saiah tidak pernah panggil dirimu dengan mbul atau ndut kok che..

cuma dua panggilanku untukmu...

"Say" dan "beib"


salam sayang selalu,
manusia yang mendambamu
bersama jatuhnya daun
dan terbitnya matahari

ocheholic mengatakan... Balas

#anonim: huahahahhahaha,,akhirnya ada yg manggil gitu.setelah sekiyan lamaaa.suwun lo,,terharu =P
*merasa lagi dikerjain*

iLLa mengatakan... Balas

koq ga ada skrinsyutnya si bapak itu che? yaa ga buat apa2 sih, cuman pengen tau aja wujudnya kek gimana, hahhaha.. penting yak
salam hormat buwat beliau, yg sudah mengajarkan banyak hal, salah satunya untuk tak henti mensyukuri nikmat dari-Nya.
bdw oche di japun kerja yak? kirain kuliah...

fege mengatakan... Balas

ihiiiii..priktiuwww...

payu-payu rek....

ocheholic mengatakan... Balas

#illa: iya,orang sini menjaga privasi teman dgn luar biasa.kl ditampilkeun takut ada yg ga berkenan,,hehehhe.padahal wong japun ya g mgkin buka blog ini.
di japun training illa (tp 2taon,hiks),,pengennya kuliah,tapi gaga ada duit,,huhuhu

#rafege: mulaiiii,biasa aja deh ge,namanya juga orang beken,,huhuhuhu *benar2 mulai curigasyong*

Itik Bali mengatakan... Balas

salam kenal ya,
saya baca ceritanya jadi sedikit senyum sekaligus terharu
manusia diciptakan dengan segala fitrahnya
dan kita bisa bersyukur dengan apa yang diterima

Kang Sugeng mengatakan... Balas

Wow.... keren, dibalik ketidak sempurnaan fisiknya, ternyata tu bapak menyimPan talenta yg luar biasa, Subhanallah, itulah salah satu kebesaran Tuhan, pasti Ia menyisipkan satu kelebihan dibalik ketidak-sempurnaan kita.

ocheholic mengatakan... Balas

#itik bali: salam kenal jg. blognya keren!
iya,,kita wajib bersyukur atas segala nikmatnya ;) ;)

#Kang Sugeng: sip! begitulah Dia yang selalu Maha Adil.memberikan nikmat yg ga pernah kita duga ;)

exort mengatakan... Balas

mba yang tulisan jepang itu maksudnya apa mba?
dari dulu saya selalu kagum dengan org yang hasih berbicara lebih dari 2 bahasa...dengan kata lain saya kagum ama mba loh..hehehe

ocheholic mengatakan... Balas

fumeiten areba enryonaku kiite kudasai.
artinya uda ada yg di dalam kurung itu mas,hehehe.
kalo ada yg ga jelas jgn sungkan bertanya.

saya blm fasih kok japunnya,masih (terpaksa) harus belajar,,kekeke.
btw,makasih yaa ;)

Neng Rara mengatakan... Balas

assalamualaikum..
gmana kbrnya che?
jika dh berpikit begitu, berarti kita sudah mulai mengawali untuk bersyukur che.
salam

ocheholic mengatakan... Balas

waalaikumsalam neng rara,
alhamdulillah kabar baik bgt ;)
amin,smg selalu bisa menjadi orang yg bersyukur,amin amin amin ya rab :)

trafsilo mengatakan... Balas

bagi pecinta Bahasa Jepang
Pencopet : Kuraba Sakumu
Penari di tempat hiburan : Nikita Sukanari
Cewek penghibur : Samakami Sampepagi
Sales door to door : Takasi Kamucoba
Tawar-menawar harga : Kitakasi murasaja
Pemabuk : minumi Kabeh
Cewek penggoda : Itumu Akuraba
Tukang Makeup : Mukamu Sayabedaki
Tukang Cukur : Sini Takupotongi
Pengangguran : Takada Gaji
Foto Model : Aigaya Sanasini
Model Porno : Kitabuka Kamupoto
Tukang Sayur : Sukabawa Sayuri
Gelandangan : Tyada Ruma
36 B : Aisuka Susumu
Dokter Penyakit Kelamin : kuobati Anumu
Tukang Cuci : Kusabuni Itunoda
Tukang Sate : Satemura Hallalne
Penjual Keramik : Disini Adaguchi
Artis Cilik : Masimuda Masutipi

ocheholic mengatakan... Balas

#trafsilo: hahahahaha,,lucu2,,
btw im not japanese lover.terpaksa belajar bahasa jepang,,tapi menikmati keterpaksaan itu,,hehehhehe .
makasi uda mampir ;)

Arsanto mengatakan... Balas

mempunyai jabatan "difabel" itu berat..
tak semudah yang dilihat..

bersyukurlah selagi semuanya lengkap..
bersyukurlah bila ada yang kurang ato pas lagi diuji dengan jabatan "difabel",karena bukankah kita akan diangkat derajatnya oleh Sang Yang Maha Kuasa?..

..soale wes tau ngrasakke nganti saiki..
malah melu curhat..

ocheholic mengatakan... Balas

#arsanto: yub bro, alhamdulillah dengan segala yg ada.
smg kita termasuk yg diangkat derajatnya, amin.
makasi uda mampir dan meninggalkan komen,,hehehehe.

finaelfandari mengatakan... Balas

trafsilonya keren euy.... hahahahaha

Gurumu keren euy,sekeren murid nya(maksudnya muridnya itu sapa dan yang mana yak) :))

ocheholic mengatakan... Balas

#fina elfandari: ehem ehem,,cuiwiiiit.hehehe
muridnya juga keren loh,berhasilkan menaikkan berat badan 8-9kg dalam kurun waktu 1thn..hubungane opo ya ;))

fanny mengatakan... Balas

wedew..kirain ada dementor. hi hi hi