Senin, 23 Agustus 2010

[daily] chemistry mas pengamen

Biasanya kalo lagi patah hati, si saya jadi rajin posting blog. Tapi engga untuk kali ini. Sepertinya saya lagi kesambet mood berlebihan, sampe-sampe belon ada seminggu uda ngepost lagi, kekekeke.

Nope!
Sebenernya postingan ini terinspirasi dari mas-mas berkaos oblong warna kuning *duuuh!* dan bercelana jeans. Pengamen yang entah kenapa tiba-tiba tanpa sengaja menjalin chemistry dengan saya. Aiiiih, romantisnya.

Sebuah pagi di hari Sabtu yang panas.
Perjalanan Bekasi – blok M.
Si mas pengamen berkaos kuning (selanjutnya kita panggil si MPBK, *wiks panjangnya*) naik ke bis. He stared at me for a few second. Si saya menghela nafas. Kaosnya warna kuning dan saya langsung bisa menebak lagu apa yang bakal dinyanyiin.
*adakah korelasi antara warna kaos dan judul lagu?*
Segera headset saya pasang dan mengeraskan volume si cepod. Teriring doa sepenuh hati, semoga pagi itu saya ngga keracunan si keong. Amin!

Si MPBK segera memberikan salam pembukanya. Kalimat yang saya hapal luar kepala. Maklum, bekas pengamen juga :P.
Kemudian dianya berkata : baiklah, lagu pertama dari negeri seberang.

Sejurus kemudian tebakan saya salah besar. Karena si MPBK benar-benar menyanyikan lagu dari seberang. Lagunya Daniel Bedingfield, If You are Not the One. Sial, suaranya cakep banget. Di ujung-ujungnya agak serak-serak gimanaaa gitu. Hohohoho.
Si cepod saya pause bentar, lumayan lah pagi-pagi nemu the next Aris – Pengamen Idol.

Lagu kedua lagunya si Bondan Prakoso – Ya Sudahlah. Suka bgt sama lagu ini, tapi jadi agak bosen gara-gara terlalu banyak orang yang ngerepost dan menjadikan status fesbuk, hahahaha.
Lagu ketiga dan keempatnya si saya ngga hafal judulnya. Lagu Indonesia berirama Indonesia *bukan irama Melayu, catat!*. salah satunya lagunya Kerispatih.
Masih bertahan dengan suara bagusnya.

Dan kemudian sebelum menuju lagu kelima, si MPBK bilang: lagu selanjutnya saya persembahkan untuk bunda-bunda yang lagi ada disini.
Oh God. Saya tau lagu apa selanjutnya. Ngga. Saya ngga pengen melting di pagi nan panas itu. Si cepod saya play lagi dengan volume sekenceng-kencengnya.
Yap. Si MPBK nyanyiin lagu Bunda-nya Melly Goeslaw.

He sang it perfectly! Atau entahlah, mungkin pengaruh dari emosi saya aja kali ya, hehehe.
Ngga tahu kenapa tiba-tiba si cepod saya matikan. Mungkin saya ingin belajar menahan emosi.
Sayangnya air mata ngga bisa ditahan dan ketahuan bapak-bapak yang duduk di sebelah. Akhirnya cuma bisa memejamkan mata menahan air yang uda numpuk di pelupuk.

Dada saya sesak, tiba-tiba inget kalimat seorang saudara (yang ngga begitu deket).
Beliau pernah bilang dengan agak sinis: kamu ngga deket ya sama mama? Kok ngga pernah lihat kamu nangis.
Saya cuma mringis ngga ngejawab. Ngga ada esensinya jelasin bahwa saya adalah kapas berlapis besi. Tampak kuat tapi sangat rapuh.
Dia ngga perlu ngerti, bagaimana hubungan si Oche dan Emaknya.

Cukuplah bagi saya si MPBK yang hari itu hadir menunjukkan pada dunia seberapa besar cinta saya buat Emak. Persis seperti lirik di lagu itu. Oh Bunda, ada dan tiada dirimu kan selalu ada di dalam hatiku.

Lagunya selesai, dan mata saya sudah basah ngga karu-karuan ngga bisa ditutupi.
Sialnya saya bukan tipikal mba-mba cantik yang kemana-mana bawa tissue.
Bapak-bapak yang duduk di sebelah masih ngeliatin si saya. Jadi brasa risih dan malu.
Berharap beliau menawarkan tissue atau sekedar memberi tahu bahwa dia punya anak ganteng yang lagi cari istri, halah!

Lagu selanjutnya, I’m Yours –nya Jason Mraz. Lagu wajib karaoke. Juga lagu yang selalu ada di list Winamp beberapa tahun lalu pas lagi jatuh cinta. Jatuh cinta sama orang yang barusan nikah 5 bulan yang lalu, qiqiqiqi. Memprihatinkeun bener si saya ini.
Walopun liriknya belibet banget, si MPBK fasih nyanyiinnya. Lumayan, bisa senyum-senyum inget hal-hal konyol sambil mengeringkan air mata, hehehehe.

Lagu terakhir, ditutup dengan lagunya Muse!
Waduuuuh, makin cinta sama si MPBK.
Sayangnya dia turun di Komdak. Ngga nemenin saya yang lagi dirundung suasana melankolis sampai blok M.

Dia keliling dari depan menyodorkan kantung bekas bungkus permen. Saya masukkan kembali recehan 500 perak ke dalam tas dan mengganti dengan uang kertas.
Menjadi nominal terbesar yang pernah saya berikan pada pengamen seumur hidup.
*selama ini saya pelit ternyata*

Bagaimana dia bisa tahu bahwa saya ngga pengen dengerin lagu bernuansa Ce-I-eN-Te-A pagi itu?
Kok bisa-bisanya dia nyanyiin lagu yang sering banget ada di list Winamp?
Dan mengapa dia bisa dengan canggihnya mengaduk-aduk isi hati saya?

Entahlah. Marilah kita sebut itu chemistry.

Yang Maha Besar memberi kita naluri untuk bisa merasa dan melihat lebih dekat.
Banyak hal sederhana di sekeliling yang membuat kita sering berprasangka buruk terhadap seseorang. Dan banyak pula hal sederhana yang membuat kita bisa merasa lebih hidup.
Terimakasih mas pengamen.
Semoga Allah senantiasa mencukupkan nikmatNya untukmu. Amin.

Suatu pagi yang panas. Ngga seperti biasanya. Bekasi – Jakarta terasa begitu dekat.

18 komentar:

riesta mengatakan... Balas

Wew,,,ada gtu penyanyi yg nyanyiin lagu2 keren itu????aku blum pernah nemu pengamen kaya gtu....harusnya kmu nanya no HP nya che,,,biar ntar bisa aku sewa jadi wedding singer di nikahanku...hehehehe

Effrila mengatakan... Balas

Kok ada se pengamen kaya dengan berbagai lagu gitu...haha sip...itu mungkin karena doa mbak oche di kabulkan...kemarin kan posting pengamen yang selalu ngrubah mood mbak oche dengan lagu-lagu nya yang "Bertubi-tubi" hahaha selamat ya akhirnya menemukan pagi indah dengan MPBK....

Muhammad Nurullah mengatakan... Balas

ini baru namanya musisi jalanan,lagunya nggak konvensional pengamen gitu. hehe siplah buat si MPBK:)

-Gek- mengatakan... Balas

nyanyinya banyak gitu lo Non.. masak cuman dikasi 500 perakkkkk?
Aih..
kalo saya 2 ribu saya kasih deh. :)

aaSlamDunk mengatakan... Balas

lagi mbayangin urang kertas yg dikasi itu berapa ya?
hehehe..
kalo 1 album dan lagunya avenged sevenfold dengan bagus pasti aku bayar mahal

ocheholic mengatakan... Balas

#riesta: kekekke, sayang sekali nomer hapenya lupa ngga ditanyakeun. tgl brp jadinya nikah? smg lancar yah ;)

#effrila: qiqiqi, kalo sampe itu pengamen nyanyiin lagu bertubi2, si saya bakal teriak abis2an *loh*

#nunu: yup bener bgt! pengamen yg ngga cuma nyanyi trus kelar kalo dapet duit, qiqiqi

#Gek: loh jeng, itu 500 ngga jadi dikasihin, diganti pake uang kertas

#slamdunk: rahasia dunk, qiqiqiqi. kalo kasihnya semilyar baru deh ngga rahasia, hahahaha

Sang Cerpenis bercerita mengatakan... Balas

pengamen istimewa tuh

Kang Sugeng mengatakan... Balas

itu mah si saya yg ngamen che... coz smua lagunya jg sama kek lg yg sering saya nyanyikan, makasih uang kertasnya ya che, masih saya simpan koq sbg penunggu dompet, gambar orang utannya keren, gmbr rumah adat kaltim nya jg keren. tp km ndak tau ya? itu uang uda gak laku che... km ni piye toh? uang 500an kertas mbok kekno aku... huhu.hu...

Elvindinata mengatakan... Balas

hmmm,,,pasti pengmennya ganteng abesss..:)...hehe,,,, suara oke,,, baju kuning oke,,, ganteng ia... tunggu apa lagi??..sikat,,,hehe ^^..salam kenal :)

U'uL mengatakan... Balas

huaa pengamennya nyanyinya keren banget...
iya..kadang ada lagu2 yang bisa nyentil banget n bisa bikin mbrebes mili. Sigh.. semangatt yahh *hugs*

iLLa mengatakan... Balas

koq ga motoin si pengamennya siyy... :P
teguran buat kita semua keknya yap, untuk ga under estimate sama seseorang.. *deuh, dah bener ga tulisannya gini?

Queen Bee mengatakan... Balas

mbak oche lucu bangettt sihhh...*guling2 dengan sopan haahh??!!^^*, saya link ya blognyaa,,,saya queen bee de~suuu^^

anyindia mengatakan... Balas

chemistry?? uhm kimia? heheee

kurniaeno mengatakan... Balas

keren....
wis ngutu tok ae komenku
:D
sok aku yo tak gawe kaos kuning pas show..
kayake gowo keberuntungan
hikhikhik

exort mengatakan... Balas

wuuuiiiihhh jarang tuh pengamen kaya gitu, apalagi sampe bawain lagu lbh dr 3 lagu dengan suara yang bagus, kl gw sampe kebawa perasaan kaya gitu pasti 5000 pindah tangan ke pengamen itu

onisuya mengatakan... Balas

weh2 kayaknya ini si pengamen bukan pengamen biasa...bkn sekedar cari duit dari ngamen, mungkin dia seniman yang blm menemukan peyaluran bakatnya..wkwkwkkwwk

Sri Indrianti mengatakan... Balas

banyak banget lagu yang dinyanyiin che...???

ajeng mengatakan... Balas

Lagu-lagu yang dinyanyikan keren abis.. Jadi pengen dengar suara si MPBK itu [duh, tapi kejauhan]