Kamis, 10 September 2009

[daily] pake jilbab aja uda cukup?

mumpung bulan puasa,,pengen ngepost yg agak2 nuansa islami,,ihiiii,,
jadi kliatan kl pas ga puasa postingannya ga penting smua,,
padahal postingan berikut ini jg ga ada jaminan penting sih,,huehehhehehe,,

terinspirasi dari banyak hal,,maka dengan ini saya memutuskeun utk membahas hijab,,
hijab,,apaan sih hijab,,arti harfiah dalam bahasa arab, hijab adalah penghalang,,tapi bnyak yg mengartikan hijab adalah kerudung,,atau sekarang lebih populer disebut jilbab.
sebenernya si saya kurang fasih kalo mengkaji masalah ini pake ayat,,hehehehhehe,,ketahuan kalo pengetahuannya cetek nyak,,hahahaaha,,
cuman pengen sharing aja ttg pengalaman2 pake jilbab di awal2 dulu,,mpek sekarang,,
Seperti yg disebut di dalam Al Quran, menutup aurat itu kewajiban,,(QS AL Ahzab:59, An Nur:31)
tapi sejujurnya,,perjalanan si saya pake jilbab dulu ga berawal dari situ,,hehehehe,,

kebetulan dulu di kampus mayoritas kaum ibu2nya pake jilbab semua. Kampus teknik tapi uda kek IAIN gitu lah,,hehehehe,,
ikut berbagai macem mentoring,,kajian,,liqo dsb,,cukup membuka hati (buset bahasanya) buat menutup aurat dengan rapat. cuman aja blm tertarik,,hehehe. lama2,,setiap ngeliat mereka2 yg berjilbab,,jadi brasa ikutan teduh,,nyaman n safe,,
dan karena itulah akhirnya si saya memutuskan untuk berhijab,,10agustus 4thn yg lalu,,
banyak yg tanya,,apa alasan si saya pake jilbab. yg pasti alasan pertama karena wajib,,dan alasan2 lain adalah alasan pribadi,,hehehhe,,yg pasti bukan gara2 patah hati trus pake jilbab,,wkwkwkwkwkwk,,

anehnya banyak jg yg bertanya pertanyaan2 unik bin menggelitik,,
misalnya,,
ga takut susah cari kerja tah? (lah emang situ yg atur rejeki)
ga takut susah cari jodoh tah? (bego bgt yg tanya gini ni)
ga takut rambutnya rusak tah? (ya kalo ga perna kramas mah rusak jeng)
ga capek tah kalo cuci2? (dari sebelum pake jilbab namanya cuci2 ga pernah menyenangkan)
dan pertanyaan2 aneh lainnya yg lucu2 tapi sempet bikin sebel,,

katanya yg nanya nih,,emang ada kasus dimana seorang cewek ditolak kerja oleh sebuah bank gara2 pake jilbab. dan begonya tu cewek bersedia membuka jilbab,,demi gaji yg ga seberapa (soalnya itu bank juga bukan bank gede, ga bgitu terkenal pulak)
orang rejeki tu gusti Allah yg atur,,kalo ga ketrima gara2 pake jilbab ya tinggalin aja,,masih banyak bgt perusahaan yg mau nampung. prasaan sebagian besar perusahaan gede ga pernah mempermasalahkan jilbab. misalnya schlumberger, telkomsel, indosat, epson,,dll,, (epson prusahaan gede kan,,kekekkeke).
yang penting emang jilbabnya? kalo pake jilbab jadinya prusahaan ga jalan? yg penting pan prestasi kerjanya,,iya toh,, yg penting mau kerja,,that’s the point,,

keputusan berjilbab emang berhubungan erat sama kesiapan hati,,jadi wajar kalo misalnya masih pikir2,,ato masih ragu2,,
asalkan jangan hal2 konyol yg dijadiin alasan,,
takut jauh jodoh lah,,jauh rejeki lah,,jadi ga cantik lah,,jadi ga gaul lah,,
lucu dengernya,,hehehehehhe,,

sayang emang,,kasus2 per-bom-an di negeri ini bikin citra muslim di dunia jadi tercoreng, ga terkecuali sama jilbab-er. kalo jilbaban agak gede dikit aja uda dsangka teroris,,what the funny,,
selama di jepang juga bnyk kejadian lucu,,misalnya ada anak kecil yg ketakutan gara2 ngliat kita2 yg berjilbab. ato orang yg mandangin lama2 sambil curiga gitu,,
ya apa boleh buat,,mreka ga bisa disalahin kl misalnya takut sama pemakai jilbab,,orang berita di tv tentang terorisme berawal dari negara yg mayoritas penduduknya menutup kepala kok. lagian ketakutan itu kan karena ketidaktahuan,,shou ga nai,,apa boleh buat,,

yang kek gitu sih ga bnyak sebenernya, sebagian besar sih biasa aja ngliat orang berjilbab. walopun buanyak yg tanya kenapa orang indonesia pake tutup kepala. ato rasa heran mereka,,di musim panas yg ga karu2an panasnya kok mau2nya pake tutup kepala,,heheehhehe. sayangnya bahasa japun cuma pas2an doank,,jadi mo jelasin juga terbatas bahasanya,,huhuhuhu.
dulu pas masi belajar bahasa jepang di yokohama,,ada temen dari thailand yang kasi pertanyaan super mak glodak glodak,,yaitu:

itu kenapa,cewek2 indonesia pake handuk di kepala?

lugu banjet siiiiih,,
sekali lagi karena ya ga ngerti,apa boleh buat,,jelasin juga seadanya,,la wong ngomong japun aja barusan belajar,,hohohohoho,,

trus apakah kalo uda berjilbab berarti uda selesai urusan,,karena berarti kita uda insyaf,,uda jadi orang suci?
tentu aja jawabannya engga,,
inilah inti dari keputusan pake jilbab,,karena keputusan berhijab adalah keputusan dimana harus menjadi lebih baik. ga cuma menjaga penampilan,,tapi juga tingkah laku,,lebih jauh lagi menjaga hati,,
uda pake jilbab belum berarti bisa dibilang uda mencapai titik dimana uda bisa dibilang alim apalagi sempurna,,pake jilbab itu awal dimulainya amanah baru,,
jangan sampe ada orang yg bilang,,sayang pake jilbab kok kelakuan minus,,
rusak susu sebelanga dah,,hohohohoho,,

dan si saya sepertinya belum pada tahap ini,,tahap dimana bisa mencerminkan jilbaber yg sesungguhnya,,
masih gini2 aja,,masi gedumbrangan,,dan blm bisa menjaga tingkah laku,,smg taraf berlajar ga membuang2 waktu,,amin,,

~~~~~~hiks hiks hiks~~~~~~

dulu risiiih banget kalo ditanya,,kapan pake jilbab? jgn sia2kan hidayah looh,,de el el el,,
wedew,,kok seolah2 si saya ini super duper ngga alim gitu ya,,(ya emang iya sih,,huehehhehe)
berjilbab itu wajib,,mengingatkan seorang kawan utk berjilbab juga wajib,,tapi ketika seseorang uda mencapai tahap pemahaman,, ga perlu dipaksa,,apalagi ditekan,,saya pernah ngalamin ini,,dan rasanya ga enak banget,,cukup menyarankan sekali dua kali,,dan kemudian mendoakan,, setiap orang punya alasan mendasar,,kenapa dia pake jilbab ato ngga pake jilbab,,(jaz my opinion)

finally,,
Alhamdulillah diberi kesempatan dapet hidayah utk segera berhijab,,kata seorang kawan yg lebih pinter,,hidayah itu bagaikan kuda liar,,kalo ga terjaga bisa terlepas,,
bgitu juga keinginan pake jilbab,,kalo ada yg punya keinginan,,tapi masih ragu,,mohon petunjuk sama Yg Bikin Idup,,insyaAllah dipermudah,,

ok deh,,para jilbaber,,lets rock the world!
,,dunia ga pernah berhenti karena kamu berjilbab,,

cantik di hadapan Allah itu luar biasa,,

2 komentar:

Neng Rara mengatakan... Balas

assalamualaikum,
wah..che. pertahankan jilbab selamanya. sudah sebuah kewajiban bahwa wanita untuk menutupi auratnya. sukses che.
wassalam

ocheholic mengatakan... Balas

waalaikumsalam,,
iya mbak,,
semoga bisa bertahan,,
aminnnn,,